Sunday, June 3, 2007

TeknoloGi Informatika eTc

Tayangan Lengkap Megahiburan Audio-Video
Digitalisasi telah mengubah cara kita menata kesenangan mendengar musik, melihat foto, dan menonton video. Dari semua perangkat teknologi yang tersedia di pasaran sekarang ini, pemutar musik digital MP3 menjadi sebuah keharusan untuk dimiliki. Ini antara lain menjelaskan kenapa iPod buatan Apple Computer Inc menjadi sangat populer di mana-mana.
Demam iPod pun memacu siapa saja untuk memiliki perangkat pemutar musik digital ini. Bahkan, kehebatan perangkat iPod ini adalah mampu menarik industri lain untuk berasosiasi dengan iPod, mulai dari manufaktur pengeras suara sampai mobil BMW.
Pemutar CD maupun kaset dalam merek populer Walkman sekarang menjadi sejarah dan tinggal kenangan sisa kejayaan tahun 1980-an. Pemutar musik digital sekarang ini mampu menyimpan judul lagu jauh lebih banyak dalam ukuran yang lebih kecil ketimbang CD atau Walkman.
Pemutar musik digital menjadi hiburan menarik untuk siapa saja, di mana saja, dan kapan saja melalui kehidupan rutin yang membosankan. Di mana saja kita akan melihat orang-orang mengenakan earphone, menikmati koleksi musik digitalnya.
Di sisi lain, perkembangan digitalisasi juga memacu tidak hanya musik digital, tapi juga foto dan video digital.
Sekarang menjadi pemandangan biasa menyaksikan orang yang menunggu di bandara atau tempat lainnya menyaksikan DVD. Kemajuan teknologi digital memungkinkan ini semua.
Berbagai perusahaan pun berlomba menghasilkan perangkat digital jukebox, menghadirkan gadget menarik konsumen untuk mengisi hiburan digital mereka. Perusahaan asal Taiwan, Micro-Star International (MSI), yang dikenal sebagai pembuat motherboard, juga mulai memperkenalkan perangkat hiburan digital bersaing dalam pasaran yang tumbuh dengan pesat.
Produk MSI terbaru Mega View 566 memiliki fitur yang lengkap setara dengan perangkat sejenis buatan Archos yang sangat populer (lihat Kompas, 16/5) menyaingi eksistensi iPod. Dengan berat 240 gram dan berdimensi 119 x 76 x 21 mm, Mega View 566 ini memiliki tampilan layar 3,5 inci menggunakan teknologi LCD Thin Film Transistor (TFT) menghasilkan 262.000 warna dalam resolusi 320 x 240.
Bisa jalankan format MP3
Perangkat yang muat di saku celana ini juga merupakan pemutar MPEG4 untuk menayangkan video dalam format MPEG4, DivX, Motion JPEG, maupun WMV9. Sebagai pemutar musik digital, Mega View bisa menjalankan format MP3, WMV, dan WAV.
Fitur lain yang dimiliki perangkat buatan MSI ini juga bisa menjadi browser imej menayangkan foto-foto digital dalam formatJPEG, GIF, BMP, dan TIFF. Selain itu, perangkat ini juga memiliki fitur radio FM, kemampuan untuk merekam suara, serta memiliki kapasitas penyimpanan 20 GB.
Mega View 566 menggunakan prosesor buatan Texas Instrument TI DM270 DSP (Digital Signal Processor) yang memproses berbagai imej digital yang ada di dalamnya. Prosesor ini mampu menayangkan video format MPEG4 dengan kecepatan 30 fps (frame per second) yang memadai untuk ditayangkan dalam layar monitor kecil.
Perangkat MSI Mega View 566 ini cukup andal dan nyaman untuk dijadikan gadget favorit yang terjangkau dibandingkan dengan Archos yang lebih mahal. Dilengkapi dengan rongga SD Card, pemindahan musik dan foto digital ke perangkat ini pun menjadi lebih mudah selain menggunakan koneksi melalui USB 2.0.
Perangkat ini sendiri memiliki kelemahan dalam baterai yang memang merupakan kendala yang dihadapi perangkat sejenis. Karena itu, tak mengherankan kalau MSI pun menyediakan baterai cadangan untuk gadget-nya yang paling baru ini.
Perlu perbaikan
Masalah lain yang jadi kendala adalah sistem tata suaranya yang masih memerlukan perbaikan. Itu sebabnya, pada volume tinggi, suara yang ke luar dari Mega View 566 ini tidak memekakkan telinga. Selain suara, tayangan monitornya pun harus pada sudut tertentu untuk terlihat secara jelas, termasuk di bawah teriknya sinar matahari.
Perangkat Mega View 566 bisa memenuhi berbagai kebutuhan hiburan digital kita dan menjadi perangkat multiguna sebagai pelengkap komputer notebook atau kamera digital yang kita gunakan. Harganya yang terjangkau pun menjadi pilihan menarik dan mainan futuristik untuk siapa saja.

No comments: